Don'T Get Lost On The Internet!

                Zaman sekarang, remaja mana sih yang tidak mengakses internet? Bingung soal tugas sekolah, cari solusi di internet. Tempat makan yang enak & murah?  Cari di google maps. Cari tempat travelling seru yang lagi ngetrend? Buka aja Instagram. Bahkan PDKT gebetan ya tinggal sambung internet, terus chat.

            Internet sangat memudahkan kehidupan orang zaman sekarang, terutama remaja. Internet itu cepat, murah, luas, dan semuanya ada. Tapi, dengan kemudahan yang ada tentunya terdapat orang orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan. Nah, orang orang ini berbuat sesuka hati demi kepentingan sendiri. Ada yang menyebarkan penipuan scam, pencurian data, peretasan, dan yang paling sering dijumpai adalah penyebaran hoax.

            Hoax sudah tidak asing lagi bagi kita yang akrab dengan internet. Hoax pada intinya adalah berita tidak benar yang sengaja dibuat untuk maksud dan tujuan tertentu. Hoax dapat menyebabkan konflik, misalnya berita berita bohong yang berkaitan dengan topik sosial politik. Hoax juga dapat menyebabkan pembodohan publik, biasanya hoax hoax seperti ini berkaitan dengan bahasan sains. Misalnya saja hoax bumi datar, hoax kiamat akibat ini lah, itu lah. Dan masih banyak lagi.

            Dengan keberadaan hoax di internet, kita dapat mengibaratkan internet menjadi seperti labirin yang diisi dengan jebakan. Jika salah langkah, kita akan kesulitan keluar dan kehilangan banyak waktu. Begitu pula dengan berita hoax yang berseliweran. Jika kita percaya begitu saja pada suatu berita bohong, maka kita telah buang buang waktu di internet dan tidak mendapatkan hal yang  bermanfaat.

            Tentunya berita hoax dapat dihindari. Berita hoax cenderung too good to be true  atau too bad to be true. Yang dimana intinya kita harus menggunakan akal yang kita miliki sebagai panduan. Jangan terpancing berita berita yang bombastis. Jangan mudah percaya akan berita berita yang terlalu buruk (atau bahkan baik) untuk jadi kenyataan. Kita harus berpikir kritis, ber akal rasional, dan cari tahu kebenaran akan berita yang kita terima. Jangan sampai tersesat di internet!  

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru