ASA GREEN Juara III Bidang Teknologi Inovasi Nasional

KM. Sukamulia – ASA GREEN merupakan Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda yang merupakan salah satu kepeloporan dalam bidang Teknologi Inovasi yang dipelopri oleh Badri, S. Pd (Pemuda Pelopor Nasional 2017 asal Kabupaten Lombok Timur). Setelah mengikuti penilaian dari tingkat kabupaten dan berpuncak pada penilaian di tinkat nasional, ahirnya sang pelopor ASA GREEN mendapatkan prestasi sebagai Juara III Nasional pada Bidang Kepeloporan Teknologi Tepat Guna dalam even Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2017.

Prestasi yang didapatkan oleh Badri tidak lepas dari keunggulan yang dimilikinya dalam membuat dan mengembangkan ASA GREEN sebagai salah satu temuan dalam bidang pertanian. Prestasi tersebut jiga didapatkan sebab ASA GREEN telah banyak digunkan oleh petani wilayah pulau Lombok dan bahkan banyak juga digunakan oleh petani di wulayah luar pulau Lombok, seperti petani di wilayah Tuban Provinsi Jawa Timur dan ratusan orang petani cabai dan terong yang ada di Desa Barambae Kecamatan Berembai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan reproduksi tanaman, memperpanjang masa reproduksi tanaman dan melindungi tanaman budidaya dari serangan hama ulat, belalang serta kupu-kupu ini diproduksi oleh ASA Community yang merupakan Komunitas Anak Sukamulia Asli yang beralamat di Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegunaan ASA GREEN sudah dibuktikan oleh ratusan orang punggunanya, dimana dengan penggunaan ASA GREEN maka mereka dapat memperoleh hasil yang lebih banyak jika dibandingkan dengan menggunakan Pupuk dan Pestisida lainnya. Hal itulah yang membuat ASA GREEN dapat diikutkan sebagai salah satu kepeloporan yang berkompetisi di tingkat nasional pada tahun 2017 ini.

Perolehan ini kiranya menjadi kebanggan tersendiri bagi sang pelopornya (Badri) dan warga ASA Community selaku tim produksinya beserta warga SMK NW Kokok Putik Desa Bilok Petung yang merupakan bagian dari tim produksi dan pengembangannya. Prestasi yang diperoleh tersebut kiranya dapat menjadi motivasi yang kuat bagi warga ASA Community dan SMK NW Kokok Putik untuk terus mengembangkan Produk Teknologi Inovasi yang disebut dengan nama ASA GREEN tersebut, sehingga ke depannya, produk ini dapat dijadikan sebagai usaha industri yang bermanfaat bagi masyarakat petani di seluruh wilayah nusantara dan bahkan bisa juga dimanfaatkan oleh masyarakat petani di luar nusantara, semoga.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru