Teknisi Lintas Arta Perbaiki PLIK di Bima


KM. LENGGE WAWO, - Sepekan terakhir, teknisi Pelayanan Internet Kecamatan (PLIK) dari Lintas Arta memerbaiki sejumlah PLIK di Pulau Sumbawa. Namun, khusus untuk Kabupaten Bima dan Kota Bima ada dua teknisi yang membenahi jaringan dan peralatan yang rusak.

Mereka adalah tenaga teknisi Lintas Arta dari Jakarta, Ervin dan tenaga teknisi Lintas Arta dari Mataram, Fauzan.

Dari 29 PLIK di Kabupaten Bima dan Kota Bima sebanyak tujuh lokasi yang  sudah dikunjungi dan dibenahi berbagai kerusakan peralatan, meski ada dua lokasi yang terkendala komunikasi dengan pengelola PLIK yakni Kecamatan Woha dan PLIK 01 Kecamatan Bolo.

Tenaga Teknisi Lintas Arta dari Jakarta, Ervin, mengatakan, beberapa kerusakan yang dibenahi adalah UPS, servernya, power suplay, modem, dan peralatan lainnya. Untuk satu unit PLIK dapat diperbaiki satu hingga dua hari bergantung tingkat kerusakannya. Bahkan, ada yang tingkat kerusakannya memerlukan beberapa hari, seperti  PLIK Wawo.

“Kita belum bisa menghidupkan jaringan internet karena beberapa peralatan rusak akibat disambar petir,” ujarnya usai memerbaiki peralatan yang rusak di PLIK Wawo, Minggu (15/12).

Untuk unit komputer, kata dia, ada tiga yang berfungsi dan tiga unit lainnya rusah. Dua unit modem juga rusak. Usaha penggantian satu unit, tetapi ada kerusakan lain pada power suplay, sehingga jaringan internet belum bias difungsikan.

“Masih ada beberapa peralatan yang harus diganti. Nanti kita akan datang lagi untuk memerbaikinya. Untuk sementara kita ke lokasi yang lain terlebih dahulu,” katanya.

Hal senada dikemukakan teknisi dari Mataram, Fauzan. Khusus PLIK Wawo masih ada beberapa peralatan yang mesti diganti, termasuk jaringan kabel yang tidak berfungsi akibat disambar petir. Perbaikan itu akan terus dilakukan hingga berfungsi. “Kita akan benahi dahulu pada unit yang lain. Insya Allah kita akan membenahi di Kota dan Kabupaten Bima hingga tiga bulan ke depan,” katanya.

Untuk PLIK di Kota Bima, kata dia, beberapa PLIK sudah diperbaiki, tetapi karena tenaga hanya dua orang sementara medan yang dilalui di Kabupaten Bima sangat berat, sehingga memang membutuhkan waktu yang lama. Namun, sejauh ini beberapa PLIK sudah banyak yang berfungsi karena tingkat kerusakannya hanya sedikit.
“Bagi yang tingkat kerusakannya banyak akan diperbaiki lagi dengan menyiapkan perlengkapan peralatan yang dibutuhkan,” katanya. (AJI)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru