logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kementerian PANRB Wujudkan Perpustakan Zaman Now

Kementerian PANRB Wujudkan Perpustakan Zaman Now

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Perpustakaan Nasional baru saja menandatangi kesepakatan bersama . Hal ini untuk memperkuat

Teknologi

Tapak Rinjani
Oleh Tapak Rinjani
26 Juli, 2018 17:45:13
Teknologi
Komentar: 0
Dibaca: 1173 Kali

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Perpustakaan Nasional baru saja menandatangi kesepakatan bersama . Hal ini untuk memperkuat sinergi keduanya dalam mendorong terwujudnya perpustakaan “zaman now” yang mampu melayani sesuai tuntutan dan kebutuhan saat ini.

“Kami berkomitmen menjadikan perpustakaan Kementerian PANRB sebagai The Best Thematic Digital Library,” ujar Menteri PANRB Asman Abnur saat penandatanganan nota kesepahaman kerja sama di bidang pendayagunaan aparatur dan reformasi birokrasi dan perpustakaan di Perpusnas RI, Rabu (25/7/2018).

Di era digital ini, tantangan pengelolaan perpustakaan semakin besar. Perpustakaan kini tidak bisa lagi bangga dengan tumpukan koleksi buku di raknya. Pencarian informasi dari para pengguna informasi mengalami perubahan seiring dengan kemajuan teknologi informasi.

Dengan thematic digital library, Kementerian PANRB akan melakukan transformasi digital baik dalam business process, digitalisasi koleksi sampai pada perubahan mindset SDM pengelolanya.

“Terkait perpustakaan tematik ini sengaja kami ketengahkan dengan pertimbangan agar perpustakaan Kementerian PANRB ke depan menjadi sumber utama referensi di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” jelasnya.

Menteri Asman juga mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM pustawakan. “Di bidang pendayagunaan aparatur, saya mengharapkan dengan kerja sama ini pustakawan  Kementerian PANRB akan makin profesional, memiliki kemampuan  yang mumpuni didalam ilmu perpustakaan, dan melek teknologi,” ujarnya.

Kementerian PANRB juga berkomitmen memperkuat  bahan pustaka yang bersumber dari konten lokal (local content). Pada Instansi Publik seperti Kementerian PANRB, local content pada umumnya berupa Peraturan Perundang-Undangan, Jurnal, Majalah, Hasil Kajian, serta berbagai macam arsip yang dapat dipublikasikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Baca Juga :


Kerja sama yang dijalin antara Kementerian PANRB dan Perpusnas RI antara lain terkait Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digitalIndonesia One Search (IOS), serta pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan.

Selain itu, juga menjalin kerja sama untuk mengadakan pertemuan ilmiah, penelitian, dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan; penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR); serta perluasan jejaring perpustakaan lingkup nasional dan internasional.

Tak hanya di lingkup kepustakaan, kerja sama juga dilakukan pada bidang pengembangan reformasi birokrasi, akuntabilitas, dan pengawasan, kelembagaan dan tata laksana, sumber daya manusia aparatur, serta pelayanan publik. 

“Dengan penandatangan nota kesepakatan ini saya mengharapkan kerja sama yang telah tertuang dapat segera diimplementasikan dengan rencana kerja konkret yang dapat kita lakukan bersama,” imbuhnya.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan