logoblog

Cari

Tutup Iklan

GIS Dalam Kehidupan Keseharian

GIS Dalam Kehidupan Keseharian

Perkembangan dan isu-isu seputar Gis fungsi dan aplikasinya pada hal khusus atau pun populer dan sesuai dengan kebutuhan peserta seperti google

Teknologi

ZulyadainRever
Oleh ZulyadainRever
14 April, 2018 21:50:43
Teknologi
Komentar: 0
Dibaca: 10047 Kali

Perkembangan dan isu-isu seputar Gis fungsi dan aplikasinya pada hal khusus atau pun populer dan sesuai dengan kebutuhan peserta seperti google earth. dll. Sistem Informasi Geografi Gis atau Geographic Information System Gis merupakan tools sekaligus ilmu science. Mayoritas kehidupan manusia cenderung memanfaatkan Gis ini sebagai tools dimana Gis dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi bersifat keruangan spatial atau yang berkaitan dengan lokasi, misalnya pemetaan kemiskinan/kesejahteraan penduduk, pemetaan potensi bencana, pemetaan potensi tambang, pemetaan kesehatan rawan penyakit, pemetaan peluang ruang politik, dan lain sebagainya. Begitu banyaknya aplikasi/penerapan Gis dalam kehidupan sehari-hari membuat tools atau ilmu ini dianggap penting sekarang ini. Banyak perkembangan yang terus dilakukan baik dari segi softwarenya ataupun metode penerapan Gis pada aspek lain yang baru ditemui. Akan tetapi persoalan yang masih sering dihadapi oleh berbagai pihak yang mencoba memulai memanfaatkan Gis ini pekerjaan atau hal umum lainnya adalah kurangnya skill atau kemampuan dalam penggunaan hal-hal bersifat konsep maupun teknis.

Sehubungan pelatihan gis memang difokuskan pada bagian teknis berikut ini merupakan segmentasi praktikum yang dilaksanakan sangat beragam bentuknya tergantung dari keperluan pemakai mengatakan bahwa yang penting dari aplikasi gis adalah menduga dari berbagai aktivitas yang dilakukan seperti pemantauan pencemaran, perubahan penggunaan lahan atau suatu perencanaan pembangunan. Diambil sebagai contoh adalah suatu rencana pembangunan jaringan irigasi dan bendungan. Jika suatu bendungan dibangun diloksi tertentu, maka dapat dikembangkan beberapa pertanyaan lanjutan yaitu bagaimana membuat variasi struktur atau bentuk serta dianalisis bagaiman efeknya atau skenario lain yang dapat dikembangkan misalnya yang berkaitan dengan umur bendungan itu sendiri. Begitu banyaknya aplikasi/penerapan gis dalam kehidupan sehari-hari membuat tools atau ilmu ini dianggap penting sekarang ini. Banyak perkembangan yang terus dilakukan baik dari segi softwarenya ataupun metode penerapan gis pada aspek lain yang baru ditemui. Akan tetapi persoalan yang masih sering dihadapi oleh berbagai pihak yang mencoba memulai memanfaatkan gis ini pekerjaan atau hal umum lainnya adalah kurangnya skill atau kemampuan dalam penggunaan hal-hal bersifat konsep maupun teknis.

Sistem Informasi Geografi Gis merupakan software yang didesain untuk melakukan analisa geografi, dan sebagian besar software tersebut dapat digunakan untuk memanipulasi spasial dan atribut atau tabular data. Sistem Informasi Geografi sering dibingungkan dengan sistem automasi kartografi yang menyimpan peta dalam bentuk automatis dan digital. Fungsi utama sistem kartografi adalah untuk pembuatan peta, sedangkan sistem informasi geografi adalah untuk melakukan analisa dengan menggabungkan data spasial dan non spasial dan memberikan ilustrasi tentang sistem kerangka kerja menganai perlunya jawaban tentang kemungkinan adanya bahaya dan manajemennya disuatu kawasan perkotaan.

Penyajian seluruh data yang ada dengan sasaran jawaban tertentu misalnya basisdata tentang jalan atau fasilitas umum yang ada.

pola data harus terlihat, seperti nilai harga tanah dikawasan tertentu.

prediksi tentang suatu data atau hasil yang dikaitkan dengan waktu dan tempat yang berbeda.

istem Informasi Geografis adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial bereferensi keruangan. Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berreferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.

Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.

Gis memiliki banyak nama alternatif yang sudah digunakan bertahun-tahun menurut cakupan aplikasi dan bidang khusus masing-masing, sebagai berikut:

  • Sistem Informasi Lahan Land Information System – Lis.
  • Pemetaan terautomatisasi dan Pengelolaan Fasilitas am/fm-Automated Mapping and Facilities Management.
  • Sistem Informasi Lingkungan Environmental Information System –Eis.
  • Sistem Informasi Sumber Daya Resources Information System.
  • Sistem Informasi Perencanaan Planning Information System.
  • Sistem Penanganan Data keruangan Spatial Data Handling System.
  1. Dengan Gis kita akan dimudahkan dalam melihat fenomena kebumian dengan perspektif yang lebih baik.Gis mampu mengakomodasi penyimpanan, pemrosesan, dan penayangan data spasial digital bahkan integrasi data yang beragam, mulai dari citra satelit, foto udara, peta bahkan data statistic.
  2. Memberikan gambaran spatial tata ruang secara detail dan akurat terhadap lokasi-lokasi yang memiliki kemampuan untuk terkena bencana alam khususnya yang disebabkan oleh kenaikan tinggi permukaan air laut ataupun gelombang pasang untuk keperluan kajian dan analisis berbagai potensi yang ada di wilayah pesisir.
  3. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan perencanaan pembangunan daerah, khususnya yang terkait dengan tata ruang landscape dan tata guna lahan landuse di wilayah byang dikaji.
  4. Inventarisasi Sumber Daya Alam Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya dan mengetahui persebaran kawasan lahan
  5. Untuk pengawasan daerah bencana alam Memantau luas wilayah bencana alam;
    -Pencegahan terjadinya bencana alam pada masa dating.

-Menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana

– Penentuan tingkat bahaya erosi

 

Baca Juga :


– Prediksi ketinggian banjir

– Prediksi tingkat kekeringan

  1. Dalam bidangsosial SIG dapat dimanfaatkan pada hal-hal berikut

– Mengetahui potensi dan persebaran penduduk

– Mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya.
– Untuk pendataan dan pengembangan jaringan transportasi.

– Untuk pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan.
– Untuk pendataan dan pengembangan permukiman penduduk, kawasan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan dan rekreasi serta perkantoran.

 

 

 



 
ZulyadainRever

ZulyadainRever

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat Prodi : Sistem informasi Fakultas : Teknik Ttl : Praya,16 juni 1993 Hp : 085205050780 Blog : zulyadain.blogspot.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan