logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menyebar Konten Negatif, Segera Adukan

Menyebar Konten Negatif, Segera Adukan

Ditengah perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, berbagai problema kerap menyelimuti dunia digitalisasi tersebut. Penyebaran konten negatif seakan-akan menjadi serangan publik

Teknologi

Aan Harmiawan
Oleh Aan Harmiawan
18 Januari, 2018 13:06:57
Teknologi
Komentar: 0
Dibaca: 1318 Kali

Ditengah perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, berbagai problema kerap menyelimuti dunia digitalisasi tersebut. Penyebaran konten negatif seakan-akan menjadi serangan publik yang terus berlangsung. Pemerintah melalui Kementerian Kominfo tengah gencar melakukan penanganan konten negatif di internet, kegiatan yang melanggar terhadap pelanggaran nilai dan norma sosial budaya lainnya.

Seperti dilansir dari kominfo.go.id (18/1). Pada 15 Januari 2018, Kementerian Kominfo telah melakukan beberapa tindakan, yakni mengirimkan permintaan kepada Google untuk melakukan takedown (penghentian) sebanyak 73 aplikasi yang berkaitan dengan LGBT dari Google Play Store, melakukan pemblokiran 15 DNS dari 15 Aplikasi LGBT yang ada pada Google Play Store, dan mengajukan kepada Facebook terhadap 1 grup LGBT yang meresahkan masyarakat untuk di nonaktifkan (suspend).

Kominfo sebagai lembaga negara yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika, terus gencar memerangi penyebaran hoax dengan berbagai regulasi yang di dalamnya mengatur sanksi bagi pengguna internet yang turut menyebarkan konten negatif.

Oleh karena itu Kementerian Kominfo menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan aplikasi apapun yang tidak sesuai dengan norma sosial budaya bermasyarakat di Indonesia. Seperti VPN (jalur koneksi pribadi), IP anonymizer (penyembunyi alamat internet protocol), situs proxy serta cara-cara lain.

 

Baca Juga :


Selain konten tentang pornografi, 11 kategori konten negatif lainnya bisa dilaporkan, antara lain, perjudian, pemerasan, penipuan, kekerasan/kekerasan anak, fitnah/pencemaran nama baik, pelanggaran kekayaan intelektual, produk dengan aturan khusus, provokasi SARA, berita bohong, terorisme/radikalisme, dan informasi/dokumen elektronik melanggar UU.

Untuk menyampaikan aduannya, kini masyarakat bisa memanfaatkan sistem ticketing aduan konten internet negatif atau masuk ke halaman trustpositif.kominfo.go.id. (ahn)



 
Aan Harmiawan

Aan Harmiawan

Lahir di Mataram bertepatan dengan HUT Provinsi Bumi Gora Nusa Tenggara Barat, ingin mencoba menggapai sebuah cita dengan imajinasi yang tertuang dalam media digital. Belajar dan terus belajar!

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan