logoblog

Cari

Tutup Iklan

Dampak Negatif Teknologi Digital Pada Anak

Dampak Negatif Teknologi Digital Pada Anak

Perangkat digital saat ini telah menjadi bagian dari aktifitas kehidupan manusia. Sesuai dengan perkembangannya, teknologi telah melahirkan berbagai macam produk sesuai

Teknologi

Aan Harmiawan
Oleh Aan Harmiawan
09 Januari, 2018 10:40:12
Teknologi
Komentar: 0
Dibaca: 12562 Kali

Perangkat digital saat ini telah menjadi bagian dari aktifitas kehidupan manusia. Sesuai dengan perkembangannya, teknologi telah melahirkan berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan manusia.

Smartphone salah satu bukti nyata dari berkembangnya iptek yang menampilkan gabungan beberapa perangkat canggih yang dikemas dalam sebuah genggaman. Penggunanya juga terdiri dari semua kalangan tanpa ada batasan usia.

Dibalik sebuah kemudahan tadi, terdapat dampak negatif yang ditimbulkan lebih khusus kepada anak-anak yang usianya masih sangat rentan sehingga dapat mempengaruhi sistem perkembangan otak dan daya pikirnya.

Sebagai satu contoh jika membiarkan anak terlalu lama bermain dengan gadget atau perangkat digital lainnya. Hal semacam ini dapat menimbulkan efek ketergantungan, anak akan tumbuh menjadi pribadi egois yang sulit bergaul, dan cenderung lebih tertutup sehingga anak akan sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya perkembangan otak menjadi tidak seimbang, yang berakibat si anak akan sulit mengendalikan emosionalnya. Hal tersebut disebabkan oleh konten-konten dan aplikasi yang terkadang kurang baik terdapat diperangkat digitalnya.

Dari segi kesehatan juga akan berpengaruh pada aktifitas fisik yang berkurang akibat seringnya menahan lapar, haus dan keinginan buang air yang dapat mengganggu sistim pencernaan.

 

Baca Juga :


Meski memiliki jutaan manfaat banyak dan konten yang bagus, namun jika anak tidak diawasi dan dibatasi dalam menggunakan gadget/perangkat digital dapat menimbulkan efek negatif.  Oleh sebab itu orang tua harus berperan aktif mengawasi kegiatan anak dalam pengggunaan perangkat digital tersebut.

Masih banyak kegiatan lain seperti olahraga dan permainan tradisional yang dapat dilakukan, dan justru lebih positif daripada hanya terpaku didepan layar gadget saja.  (ahn)

Sumber foto : liputan6.com



 
Aan Harmiawan

Aan Harmiawan

Lahir di Mataram bertepatan dengan HUT Provinsi Bumi Gora Nusa Tenggara Barat, ingin mencoba menggapai sebuah cita dengan imajinasi yang tertuang dalam media digital. Belajar dan terus belajar!

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan